Kamis, 08 Oktober 2020

Baby Bernama “978-602-289-622-7” -pun Lahir Setelah “Hamil” Selama 32 Tahun _ by miss lesileop_ #Day2AISEIWritingChallenge

 Rasanya semakin bersemangat untuk merampungkan lebih awal tulisan saya yang ke-2 untuk "Tantangan Menulis dari AISEI" ini. Begitu banyak masukan dari para sahabat dan inspirasi hasil tulisan rekan-rekan pejuang 30 hari AISEI yang sudah saya baca sebelumnya yang begitu hebat-hebat. Terimaksih saya haturkan dan saya juga merasa sangat bersyukur atas kontribusi anda semua pada tulisan-tulisan "kecebong" di blog saya ini. Semoga Allah balas kebaikan berlimpah untuk anda semua. Aamiin.


Oke, di tulisan ke-2 ini saya ingin membahas kelanjutan tentang sebuah mimpi besar “anak biji ketumbar”. Siapakah anak tersebut? Ya tentunya adalah SAYA. Mimpi itu berawal dari ketertarikan saya pada tumpukan buku ketika saya masuk Sekolah Dasar. Saya suka sekali melihat buku-buku berbaris di rak buku baik di perpustakaan, di toko buku modern besar atau bahkan di “Second Market” (Pasar Loak maksudnya, kan kalau barang bekas suka disebut “barang second”, hehe). Saya juga punya mimpi ingin suatu saat nanti, nama saya bisa tercantum di sampul buku sebagai Penulis. Saya sering berfikir orang lain bisa, saya juga pasti bisa, bismillah walau tidak tahu kapan akan terealisasi. Saya jaga baik-baik mimpi ini dan saya yakin dia akan “lahir” di saat yang tepat.


Cerita masih berlanjut saat setiap ingin mengajar saya merasa kerepotan sendiri, yaitu ketika perlu menyiapkan beberapa buku referensi yang menurut saya seolah "berceceran", maksudnya di buku ini ada materi ini yang saya butuhkan, dan saya juga membutuhkan bagian yang lain dari buku lain dengan bahasan yang sama, dan masih banyak lagi, ko saya fikir ga praktis ya, dan saya harus bawa banyak buku padahal yang saya butuhkan hanya beberapa lembar saja dari bagian buku-buku tersebut, hingga akhirnya saya putuskan untuk belajar meramunya dalam sebuah Modul [kalau dulu kita kenalnya dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) atau berubah sekarang menjadi LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)] untuk dipakai kalangan sendiri dengan biaya cetak manual dari fotokopian tetangga sebelah untuk penggandaan. Selain modul sekolah, saya juga menyusun modul untuk anak-anak yang les B.Inggris (ya,, biasa lah yaa, kalo guru Bahasa Inggris sambilannya jarang jadi ARTIS tapi pasti jadi guru les B.Inggris,,hehe). Hal baiknya adalah, ada kepuasan batin saat anak-anak menenteng buku yang sampulnya ada nama saya-nya.


Setelah itu semua terwujud, keinginan pun berkembang (memang benar kan kalau manusia itu tidak pernah merasa puas. Saya “masih manusia” maka kayanya wajar ya, ketika saya juga memiliki keinginan seperti itu__Pemakluman yang maksa ya? Hahaha...). Lalu apakah keinginan yang berkembang itu, ya, “saya ingin menulis buku yang diterbitkan Penerbit dan memilki ISBN”.


Sebelum lebih lanjut yuk kita ketahui dulu “Makhluk” apa sih ISBN itu? Menurut info yang saya dapat dari situs “Perpustakaan Nasioanal Republik Indonesia”, ISBN  adalah kepanjangan dari “International Standard Book Number” sebagai kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi ini memuat judul, penerbit, kelompok penerbit dan terdiri dari deretan 13 angka sebagai pemberi identifikasi terhadapa 1 judul buku yang diterbitkan oleh penerbit  dan akan berbeda satu dengan yang lainnya. Nomor unik ini dikeluarkan oleh Badan Nasional yaitu tepatnya kalau di Indonesia yang bertugas mengeluarkannya adalah “Perpustakaan Nasional Republik Indonesia”. Pusatnya sendiri di Badan Internasional yang berada di London. ISBN diletakan pada: bagian bawah sampul belakang, di balik halaman judul/copyright, punggung buku untuk buku tebal (bila memungkinkan) dan setiap orang bisa mengajukan untuk permohonan ISBN, Katalog Dalam terbitan (KDT) atau barcode baik untuk anggota baru maupun anggota lama.


Cara penulisannya 13 digit dibubuhi huruf ISBN didepannya. Nomor tersebut terdiri atas 5 (Lima) bagian. Masing-masing dicetak dengan dipisahkan tanda hypen (-). Sebagai contoh yaitu  ISBN: 978-602-289-123-4.

1). 978= Angka Pengenalan Produk Terbitan Buku dari EAN (Prefix Identifier);

2). 602 (default)= Kode Kelompok (Group Identifier);

3). 289=Kode Penerbit (Publisher Prefix);

 4). 123= Kode Judul (Tittle Identifier);

5). 4=Angka Pemeriksa (Check Digit).

 

Back to perjalanan panjang saya untuk ISBN yaa...

Sekitar 2013, Allah kasih saya kesempatan untuk bergabung sebagai penulis lepas dengan Penerbit indie yang bernama “K*lis* Pena”  di daerah “Perumahan Lido Sukabumi”,  (namun sekarang entah kemana keberadaanya). Info dan kesempatan itu saya dapat dari kerabat, bernama Tedy, yang menjadi karyawan di sana. Saat itu saya dipercaya untuk menggarap project membuat isi buku pesanan dari judul yang sudah dipesan. Jadi  kita penulis lepas hanya bertugas menulis isinya saja. Sebetulnya agak aneh karena saya mendapat jatah membuat isi buku yang tidak sesuai bidang saya, yaitu tentang Kepramukaan, Saat itu judulnya “Seluk Beluk Kepramukaan”. Dari situ saya banyak membaca, belajar dan poin pentingnya adalah salah satu teknik menulis adalah membaca keseluruhan info dari berbagi sumber yang kita perlukan lalu menceritakan ulang dengan gaya bahasa kita sendiri tanpa menghilangkan “esensi” yang harusnya ada. (ini adalah untuk menghindari plagiat/ menjiplak mentah-mentah hasil karya orang lain). Saat itu 1 buku “diganjar” dengan harga 1jt 500rb dan saya dijanjikan akan dapat 5 eksemplar sebagai penulis.


Saya sangat bahagia saat buku bisa rampung dengan beberapa kali revisi (maklum masih “biji ketumbar yang masih mentah”  hehe) namun saya menikmati prosesnya. Saya menerima “Rupiah” yang dijanjikan namun sayangnya 5 eksemplar yang dijanjikan tidak kunjung saya terima seiring dengan kerabat saya yang tidak lagi bekerja di tempat itu dan kabar Penerbitnya tenggelam entah ke mana. Jadi pupuslah sudah impian saya dan sebetulnya bukan “rupiahnya” yang saya kejar (itu hanya bonus upah begadang,), saya lebih ingin koleksi buku hasil pekerjaan saya itu saya miliki, saya simpan sebagai kenang-kenangan di rak buku saya bersama deretan buku-buku hasil penulis lain yang tidak saya kenal. Tapi ya sudahlah, biarkan saja, semoga buku tersebut masih ada dan bermanfaat untuk banyak orang.


Seiring berjalan waktu, mimpi ISBN masih diangan-angan. Yang di depan mata adalah kesempatan menulis soal Ujian Akhir (UAS)  Bersama untuk Kabupaten Bogor dari MGMP B.Inggris. Tentu saja tidak saya lewatkan dan saya malah menawarkan diri untuk bergabung. Dan “ajaibnya” Pa Ketua memberikan kesempatann itu pada saya, waah rasanya luar biasa bahagia (kapan lagi coba? kalau kaya di Mall seperti jargon: “Selagi Ada, Selagi Ada!” maksudnya mumpung ada kesempatan,  maklum jarang Guru Honorer seperti saya mendapat kesempatan emas dan langka seperti itu) So, terimakasih untuk Bapa Ismail Marzuki dari SMAN 1 Ciampea, yang juga sekarang masih menjabat menjadi ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) B.Inggris SMA Sekabupaten Bogor yang begitu baik hati dan percaya penuh pada saya dan membiarkan mimpi saya menjadi nyata dan juga yang memberikan kepercayaan diri pada saya yang sering merasa “kecil” tidak ada apa-apanya untuk berani menatap ke depan. “Kepercayaan” beliau pun berlanjut dengan dengan tawaran membuat Modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Sem 1 yang disusun MGMP Bahasa Inggris Kab. Bogor. Saya “dipinangPa Bos MGMP itu untuk bergabung membuat UKBM tersebut. Walau kata rekan-rekan yang sudah berpengalaman itu pekerjaan yang melelahkan namun saya merasa tersanjung ketika tantangan itu datang dan apalagi beliau memilih saya bukan saya yang mengajukan diri.


Saat itu, saya mendapat jatah untuk menyusun “KIKD 3.2-4.2 untuk kelas X B.Inggris SMA tentang Congratulating & Complimenting Others” dan di akhir deadline saya diminta membuat 1 lagi di KIKD “3.4-4.4 kelas X  B. Inggris SMA tentang Descriptive Historical Places” (karena ada kendala di penulis yang mundur sehingga KIKD itu belum ada yang menggarap). Lelah sebetulnya karena yang pertama saja baru rampung,  namun saya juga tidak mau mengecewakan Pa Is (begitu Ia biasa disapa), maka saya terima dan “Roro Jongrang's Project” itu pun berlanjut  dan berhasil membuat saya kurang tidur selama beberapa malam, hehe. Tetapi semua terasa lega dan membahagiakan saat akhirnya UKBM B.Inggris kls X untuk semua KIKD sem 1 itu selesai dibuat dan luar biasanya, saya sejajar dengan 2 penulis senior hebat  lain yaitu Bu Wiwik dan Pa Sulaeman dari SMAN 1 Ciawi Bogor dan nama saya ada di cover UKBM nya. Sekarang, hasil "kolaborasi" kami itu menjadi referensi bagi para guru untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di kab. Bogor.


Namun balik lagi ke cerita cita-cita awal, yaitu “saya masih belum memperoleh angka-angka ISBN” itu. Suasana mulai membaik ketika “mendung” mulai berubah menjadi “cerah” kembali yaitu ketika  saya ditawarkan bergabung ke Whatsapp Group Kelas Kreatif dengan founder pa Dadan dari Bandung International School (BIS) oleh kawan saya bernama Pa Irvan Daviana dari SMAN Sukatani [Beliau Ketua kelas Pendidikan Profesi Guru (PPG)  kami  Universitas Pakuan Bogor 2019 lalu yang begitu berwibawa dan baik hati]. Group itu berisi orang-orang hebat yang aktif berbagi dan membuat project-project buku gotong royong. Kami para anggota yang tertarik bergabung untuk project yang ditentukan Pa Dadan, diminta untuk mengirim ide-ide artikel kreatif. Saat beliau menyampaikan temanya adalah “Aktifitas di kelas tanpa teknologi yang menyenangkan”, ide saya langsung muncul, ada 5 saat itu yang saya kirimkan dan semua sudah terbayang simulasinya. (Walau terinspirasi oleh permainan-permainan yang ada namun saya pastikan judul dan isinya benar-benar ide modifikasi yang kalimatnya saya susun sendiri) yaitu: “ 1. Whispering Message, 2. Detective Mission, 3. What Can You See?, 4. Shape Challenge, 5. Magic Chef”. Kemudian alhamdulillah 2 dari 5 yang saya kirim sesuai dengan yang beliau inginkan yaitu “Whispering Message dan Shape Challenge” adalah menjadi 2 karya kebanggaan pertama perdana saya sebab diakui layak oleh pendiri grup yang luar biasa itu untuk diikut sertakan dalam project.


Buku 75 Artikel Strategi Pembelajaran Kreatif dan Interaktif:
Belajar itu Menyenangkan!_miss lesileop
Karena Pa Dadan sudah sangat dipercaya kredibilitas dan integritasnya, maka mudah saja untuk dia mendapatkan izin ISBN istilahnya tinggal “kedip” saja para penerbit pasti tidak ragu untuk mewujudkannya, dan akhirnya Taraaaa,, : “978-602-289-622-7” menjadi angka perdana keramat sebagai angka ISBN yang sudah lama saya tunggu kelahirnnya.. Buku ini berjudul: 75 Artikel Strategi Pembelajaran Kreatif dan Interaktif: Belajar itu Menyenangkan! Sebagai hasil “ide gotong royong” dengan 66 Penulis dari Kelas Kreatif yang lahir pada Agustus 2020 dengan salah satu Penerbit di Bandung. Nama “si Ketumbar Kampung yang masih mentah ini  ada di urutan 50 dan 74 di situ dengan nama: Lesi Leo Puspitasari-dari SMAN 1 Cisarua Bogor. Hehe, Alhamdulillah. Terimakasih ya Allah, terimakasih Pa Irvan, Pa Dadan sehingga cita-cita yang mungkin “sepele” bagi orang lain ini akhirnya terwujud juga.

Maka untuk anda yang punya mimpi yang orang lain anggap “sepele” namun begitu berharga buat anda, cukup tutup telinga dengan cibiran, yakinkah hati, percaya pada Allah dan ikuti alur yang Allah atur, tidak ada yang sesempurna “skenarioNYA”.  Saat anda dirasa sudah “SIAP” oleh Allah untuk mendapatkan apa yang anda mau maka semua “impian” itu akan segera berwujud nyata; kalaupun tidak terwujud juga sepertinya harus berganti mimpi, karena siapa tahu mimpi itu tidak kunjung terwujud karena Allah tahu akan banyak keburukan yang datang pada diri anda jika DIA kabulkan. Allah selalu tahu yang paling kita butuhkan dan memberikannya disaat yang paling tepat, jadi yuuk STOP maksa sama Allah.


Bagaimana dengan anda, mimpi “luar biasa” apa yang anda punya baik yang sudah terwujud atau belum?


Salam dari  Si Biji Ketumbar Mentah _ miss lesileop


#Day2AISEIWritingChallenge _ #100kata bercerita _ #30hariAISEIbercerita _ AISEIWritingChallenge _ #warisanAISEI _ #pendidikbercerita

96 komentar:

  1. Biji ketumbar itu sekarang semakin menyedapkan masakan literasi. Jadi pengin juga punya buku ber-ISBN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqiqi senangnya bisa dapet komentar ini dr bapa yg luar biasa'trmksh untuk semangat2nya untuk saya si bumbu yg masih belum matang ini. hehe.. mari terus semangat ya pa💕

      Hapus
  2. belum semua terwujud, tapi Insya Allah akan berwujud nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, terimakasih, ucapan adalah doa, semoga doa bapa adalah doa yg Allah dengar. alhamdulillah trmksh pa 😊

      Hapus
  3. Daniel George 3A3
    Mrs punya banyak sekali mimpi di bidang menulis ya, although belum semua terwujud. But, saran dari aku ya mrs "just believe in yourself that u can reach everything that you've been dreaming off". Semoga mimpi mrs di bidang menulis yang belum tercapai bisa segera tercapai ya mrs. He he he....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes I do, mimpi besar supaya masih bisa dikenang walau miss sudah tidak hadir di dunia lagi. thank u my dear to be always be the first on my journey. aamiin for your pray. I realy appreciate that. May Allah always with us ya dear. Will gonna miss a student like u one day💕

      Hapus
  4. ketika saya mulai membaca ceritanya, saya sangat tertarik karena yang mrs ceritakan adalah tentang DREAM atau mimpi. saya sangat senang ketika orang orang menceritakan mimpi mimpinya melalui lisan maupun tulisan, seperti di cerita ini yg mrs tulis/ketik banyak hal hal baik yang dapat saya ambil, dan beberapa hal itu membuat saya menjadi semakin ter triggered untuk mencapai mimpi mimpi saya menjadi kenyataan. congratsss ya mrs mimpi besar mrs menjadi ISBN dapat terwujud karna memang benar usaha tidak akan menghianati hasil. keikhtiaran dan ketawakalan mrs terbayar. terimakasih mrs telah menginfluence🙇❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul dear, jangan berhenti bermimipi ya, doa miss semoga mimpi lulu juga terwujud segera, aamiin,, sukses selalu ya dear dan terus wujudkan mimpi 💕

      Hapus
  5. Betul sekali bu, Allah tau apa yg kita butuhkan, dan akan memberikannya disaat yg tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu Nini terimakasih dan semoga kita selalu dapat hidayah saat lupa akan kalimat itu dan marah sama keadaan ya,,

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Semangat terus.. Tulisannya semakin mantul

    BalasHapus
  8. Ledia R A
    2S2
    Menurut saya cerita ini sangat menarik karena mrs menceritakan tentang pengalaman dan mimpi mrs di bidang menulis yang bisa menginspirasi orang lain dengan membaca blog ini, semoga semua mimpi-mimpi mrs di bidang menulis bisa tercapai, semangatt mrs💖

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah, semoga mimpi-mimpi Ledia juga segera terwujud ya,, terus semangat juga ya dear, jangan lupa mengejar "mimpi" ya,, ❤️

      Hapus
  9. Dhea Amalita 3A3.
    Im so proud of u Mrs 😍 ketika ngebaca rasanya semakin tertarik untuk terus dilanjutkan, dari cerita Mrs kali ini bikin aku buat terus yakin sama rencananya Allah "when I fail, it turns out it's not a failure that just ends but get closer to continue to achieve dreams" saran dari aku buat Mrs " dont give up to continue to achieve all your dreams and make all the dream that have achieve as an inspiration to those around you " good lucky ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. It's lovely to see that u try to give comment on English on my post. I really appreciate it. Please always do that for my another post. I'm sure your English will be better than before. ❤️.. Yes, we must believe that behind the failure or something that we are not expected will have a lot of bless on it. Always be positive on Allah's plan ya dear.. thank u to support me,, hope we will better than before.. ❤️

      Hapus
  10. Siska Herawati 3A4
    Menurut saya cerita mrs ini sangat menginspirasi sekali karena banyak perjuangan yang dilakukan untuk mewujudkan mimpi mrs. Setelah membaca ini saya mendapatkan kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpi saya. Semangat mrs, tetap menulis dan terus menciptakan karya-karya yang luar biasa mrs.❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika ada hal baik yang bisa Siska ambil dari tulisan miss.. tetap semangat mengejar mimpi ya, biar Allah yang atur kemudinya, tugas kita hanya bermimpi dan berusaha,,tetap semangat ya sayangku ❤️

      Hapus
  11. Arinda 3A5
    Your article is really motivate me and maybe the people out there to be more spirit about chasing dreams, bcs it's true, "no effort betrays the results" if we really do it with good intentions, patience, and always remember God. A suggestion from me for your article, maybe you can improve your punctuation to make it look tidier, and maybe you can reduce the word "hehe" bcs if it's too much it will be annoying, for the rest I think it's very good. Sorry if there are words that aren't pleasing and offend you��Thank you and keep spirit mrs!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u very much for your worth suggestion dear,, I really wait for it and I will revise it as soon as.. I will need your excellent comment on next post to make my work be better again. thank u ya dear.. Always stay healthy ya dear ❤️

      Hapus
  12. Siti Nurahmah Saputri, 3A1

    Bener-bener menarik ceritanya ngga bikin bosen untuk dibaca. Rahma sedikit termotivasi dari tulisan yang Mrs buat ini. Semoga Mrs dapat mencapai mimpi tersebut dan tetap terus berkarya, semangat dan yang terpenting adalah berdoa karena Allah bersama orang-orang yang bersabar☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u ya dear, syukurlah jika ada hal baik yang bisa Rahma ambil, terus semangat dan jangan berhenti bermimpi ya dear❤️

      Hapus
  13. Dhea Rizky A 3A2
    Wah cerita ini sangat menarik mrs🥺 didalam artikel ini mrs menceritakan tentang mimpi. Banyak hal hal baik yang saya dapatkan disini yaitu membuat diri saya yakin tentang menggapai mimpi,usaha tidak pernah mengakhianati hasil itu memang benar. Gada yang namanya sia sia,where there is a will there is a way. Work hard,Dream big.Never give up✨very motivated,thank you mrs!!! keep the spirit of writing and keep on creating this truly extraordinary work🥰🥰🤍🤍🤍🤍🤍🤍🤍🤍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woow u did it well again, good job dear for trying to give your opinion on NEglish. I really appreciate it. Don't ever stop for dreaming because one day your dream will come to u when Allah think that u are ready for it. Thank u dear❤️

      Hapus
  14. Nova adisha 3A5

    For the second time, ur blog so inspire me Mashaallah mrs❤ Nova mau sedikit bercerita ya mrs. Mimpi Nova itu banyak, bahkan seringkali nova ngerasa pesimis buat wujudin mimpi itu. Ingin jadi penyanyi superstar, ingin jadi dokter dan terbesit juga ingin jadi penulis novel mrs hihi😆... I've even made several chapters on wattpad. Emang sulit banget ya mrs buat menulis dengan benar itu, kemarin-kemarin Nova sempet bosen bgt buat nulis mrs:( Finally, I readed your blog, i got many inspire and i think i must finishing my write job to be a dream come true. I'm a little embarrassed mrs 🤦‍♀😋 Saran Nova untuk mrs dan diri Nova sendiri juga, Never give up, We have to believe that allah with us on our good way. Hopefully we can achieve that dream and be successful. And thank you to have made a blog.
    So much love for u❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novaaa I really wait for the link to read your excellent work.. Wow we have the same hobby, isn't it? let's finish our work and give suggestion for each other and shake the world by our small thing. I think u can do all your dreams on a time. Just imagine that, how an amazing doctor when the doctor is as beautiful as u and who has a beautiful voice and also like to make a story on wattpad. That's an excellent formula. Once more, please allow me to read your work ya dear,, I'll wait it,, stay healthy and always become a cute Nova Adhisa that I know ❤️

      Hapus
    2. Hmmmm so sweet pleasee:') Yeaaa mrs, we will shake the world with skill that we have. U too mrs❤❤

      This is my link mrs, https://my.w.tt/YSpBVgYZpab

      Hapus
    3. Yes, we gonna rock for it😎 🤘,, I will visit your wattpad as soon as, When your novel is published, allowed me to buy it one and it will be lovely to put it on my bookshelf collection, keep spirit n keep in touch ya dear 💕

      Hapus
  15. Alya Agusti Putri 3A2

    Artikel yang sangat menarik mrs, artikel yang mrs buat mengajarkan kita untuk terus bersyukur dan terus berusaha dan jangan pernah berkecil hati karena jika Allah sudah berkehendak maka apapun akan terjadi. Usaha tidak akan mengecewakan hasil dan tidak ada yang tidak mungkin juga, semoga mrs bisa terus berkarya dengan artikel yang mrs tulis. Semangat mrs ♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u ya my dear, selalu yakin akan kekuatan kun fayakun nya Allah ya dear,, selalu semangat juga buat Alya ya,, ❤️

      Hapus
  16. Siti Salmah Hardiyanti, 2S2
    ketika saya mulai membaca cerita ini, saya langsung tertarik karena cerita ini juga menginspirasi saya bahwa kita tidak boleh patah semangat dan terus mencoba. Jika kita berusaha dengan keras maka usaha kita tidak akan sia-sia dan yang tadi Mrs katakan "yakinkan hati, percaya pada Allah dan ikut alur yang Allah atur, tidak ada yang sesempurna skenarionya. congrats yaa Mrs, semangat terus Mrs dan terus berkarya❤.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari ya,, semoga kalau terbiasa seperti ini, kita tidak akan pernah pusing atau mumet menghadapi apapun.. thank u ya dear, terus semangat dan semoga terus menjadi lebih baik ❤️

      Hapus
  17. Masyaallah cerita ini memotivasi banget mrs💕 .. kadang kita suka maksa sama Allah pengen ini itu secepat mungkin, pedahal semua nya udah diatur, dan kalaupun sesuatu yang kita ingin kan ga terwujud mungkin baik nya keinginan itu bukan sekarang, dan omongan org juga kadang bikin kita down ya mrs apalagi suka ada yang menyepelekan, tapi gaboleh putus asa harus dijadiin motivasi ya mrs,, ttp semangat Mrs semoga segala yg diinginkan nya segera tercapai, dan Dewi juga begitu hehehe aamiin❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinnn,,, Senengnya kalau Dewi juga akhirnya tersadar kalau maksa itu kan bukan hal yang baik. Segala sesuatu yang dipaksakan pokoknya pasti negatif kecuali "Allahuma paksakeun" untuk berubah jadi lebih baik, eta mah beda lagi ya,, hehe.. Semua ada saat nya, ada porsinya, ada gilirannya, Jadi sabar we kalau udah giliran kita nanti juga pasti akan datang.. thank u and semangat ya dear ❤️

      Hapus
  18. Arini Widiya. C 3A2

    So cool Mrs❤️✨
    Keep up the spirit Mrs💪✨

    BalasHapus
  19. Siti Eneng Nurlatifah
    3A3
    Tulisan yang sangat menginspirasi sekali. Membuat kita semakin percaya akan kehendaknya Allah SWT itu lebih hebat dari yang kita kira. Dan menurut saya memang dalam hidup, kita tidak perlu untuk mengikuti apa yang orang lain katakan. Just be yourself. Bahkan ketika mimpimu dianggap sepele oleh mereka, bukan berarti mereka lebih baik dari kamu.

    Dan saya pikir sarannya adalah tetaplah berlajan mrs. Bahkan jika jalannya begitu terjal. Tidak perlu buru-buru. Nikmati prosesnya yang berharga. Karena setiap orang punya kecepatannya masing-masing untuk menggapai impian, bahkan impian yang orang lain anggap sepele. Just belive in your dream ms. For you, your husband, and your child.

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's so sweet my dear Eneng. I really love it, Thank u very much. Doa yang sama untuk Eneng juga ya, semoga kebarokahan hidup selalu bersama kita semua. Terimakasih pula atas saran tentang urusan "speed to meet success". Suka banget sama kutipan kalimat terakhirnya Eneng, menyentuh and so deep.. hayu atuh belajar nulis, eneng udh pinter memilih kata-kata tuh. mantap!! ❤️ ❤️

      Hapus
  20. Terharu bacanya mrs😅sangat sangat memotivasi huhu...insyaa Allah semakin semangattt agar mimpi2 haya terwujud, cepat atau lambatnya ia menghampiri, tetap yakin bahwa jika Allah menghendaki pasti terjadi😊thank you so much mrs, i hope your dream, my dream, and everyone dream will come true soon one by one, just believe that and believe to our god...caayoo(semangat)😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciayoo juga haya,,, iya setuju semoga semua tidak lupa bermimpi dan tidak lelah mewujudkan mimpi itu menjadi nyata,, jangan bosan kritik miss ya,, doa terbaik untuk kita semua, terimakasih selalu percaya dan bisa diandalkan ❤️ ❤️

      Hapus
  21. Balasan
    1. Thank u very much bu Rita,, mari sma-sama belajar lebih baik ❤️

      Hapus
  22. Wah..iri banget aku..kapan ya punya baby bernama kyk gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan segera ya bu Sry.. kalau nanti baby nya "lahir" kabarin ya bu,, hehe ,, thank u ❤️

      Hapus
  23. Tria Nur Faizah 3A1
    Nyata adanya kalo happy ending hanya diperuntukkan buat orang - orang yang pengen ditimpa sama pengen ga dibikin nyaman. Tulisan mrs kali ini bener - bener jadi pemantik semangat kita semua buat ga gampang nyerah sama impian kita, sabar dan sadar juga kalo impiannya ga kesampean. Semangat mrs buat ngegapai semua impian mrs yang belum kecapai, insyaallah allah always with us. Tetap menjadi seseorang yang selalu menginspirasi banyak orang ya mrs❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu dengan gaya bahasa komentar yang berbeda dengan yang lain, ya itulah "Aang Avatar" ku yang sudah punya rasa dan ciri khas dalam bertutur kata baik lisan maupun tulisan.. Thank u ya dear, be success for us ❤️ ❤️

      Hapus

  24. Yuliana Ambarwati 3A2
    Setelah saya membaca artikel ini,sangat menarik dan menginspirasi saya agar tidak patah semangat untuk terus mengejar mimpi. Impian itu harus tercapai dengan berdoa, berusaha dan kerja keras. Tetap semangat mrs semoga impian mrs bisa terwujud dan terus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja dear, itu formula yang hebat untuk menggapai mimpi,, Saran ini untuk Yuli juga, terimakasih selalu belajar membaca dan membudayakan nya supaya terbiasa. Tetap semangat ya sayangku, thank u ❤️

      Hapus
  25. Perjuangan yang tdk mudah tapi terus semangat dijalani, kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih, semoga kita terus lebih baik ya,, semangat

      Hapus

  26. Nabila Aulia Maharani_3A3

    Ya Allah Nabila terharu banget sama cerita nya Mrs., setiap kejadian-kejadian yang Mrs. ceritain itu menyentuh banget ke hati, apalagi setiap kalimat di paragraf terakhir untuk kalimat motivasi nya itu dalem banget Mrs...Kita semua pasti punya mimpi yang tinggi dan banyak selain usaha dan doa yang bisa kita lakuin, bener kata Mrs. tadi intinya biarkan semua nya mengalir seperti air dan jangan lupa bersyukur.😕
    Makasih Mrs.
    Menginspirasi banget🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya Nabila nya miss yg cantik dan selalu bisa di andalkan hadir dalam tulisan ini,, insyaallah Nabila mah calon sukses. aamiin

      iya betul dear, kadang kita memang perlu di "sentil" saja sama kata2 supaya lebih semangat dan kembali ke jalur yang benar. makanya ajakan-ajakan sederhana dari rangkaian pilihan kata akan berefek besar untuk audience. miss yakin nabila punya mimpi besar juga, semoga segera menjadi nyata dan yg paling penting semoga Allah ridho atas mimpi kita,, tetep semangat ya my dear 💕

      Hapus
  27. Puspita Tri Kusuma 3A1

    Cerita Mrs sangat inspiratif, dan bisa memotivasi orang orang yang mungkin ingin mewujudkan impian seperti Mrs, Mrs punya kegigihan yang kuat dan selamat untuk bukunya, semoga Mrs bisa mewujudkan impian yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, trmksh my dear, hope u also can reach your dream as soon as ya, please stay read my next post i realy wait it 💕

      Hapus
  28. Balasan
    1. terimakasih sobat, kita terus semangat berkarya ya 💕

      Hapus
  29. Reihan 3A1

    Mrs saya ucapkan makasih banyak:) karena setelah membaca artikel mrs saya merasa lebih optimis meraih cita cita saya, kebanyakan orang yang saya temui selalu menyepelekan saya, tapi berkat mrs overthinking rehan berkurang, makasih banyak mrs:)
    Dan mrs pun membuktikan bahwa usaha tidak akan menghianati hasil:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kawatirkan mereka yg cuma bisa komentar ya dear, walau seringnya efek mulut netizen jahat itu sungguh luar biasa, but dont care about it too much, yg bagus ambil sebagai bahan koreksi, yg jelek tinggalkan toh mereka cuma bisa komen jahat ga bisa bantu apa2. terus semangat ya sayangku, semoga mimpi ehan segera menjadi nyata dan Allah kabulkan. semangat and see u on my next post, thank u 💕

      Hapus
  30. Tulisan dalam bentuk apapun yang dirangkai dengan pilihan diksi yang berasal dari imajinasi dan hati nuranimu dan ketika hasil yang dicapai bisa membuatmu bahagia kenapa tidak? Saya hanya menyarankan tulislah dan ciptakanlah dengan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. Sehingga bisa menciptakan sebuah karya versi dirimu sendiri, Mrs 😍
    Wulan 12S5

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh saran yg luar biasa. trmksh ulan. siap komandan, i'll do it. please always by my side and give me your other worth suggestion for my next post. I will need it more to be criticized by u more. thank u my dear 💕

      Hapus
  31. Semua orang lunya mimpi. Dan tidak semua orang bisa mencapai impiannya. Semoga Mrs bisa mencapai semua impian yang Mrs ingin dan sekarang Mrs sedikit demi sedikit telah meluncur ke impian tersebut. Memang tidak seperti jalan tol yang selalu mulus dan lurus, semoga Mrs selalu siap untuk mengahadapi tantangan ke depan.

    Wulan 12S5

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, doa yg sama untuk ulan ya, semoga ulan juga segera raih mimpi tersebut tak peduli sprti apa jalan dan tempaannya jika Allah sudah berkehendak semua akan menjadi nyata,, semangat sayngku 💕

      Hapus
  32. PUTRI MAHARANI F/XII IPS 2
    Mrs bagus banget ceritanya, sangat mengispirasi banyak orang dari pengalaman yang pernah mrs alami di kehidupan mrs. Semoga ketika banyak orang yang membaca tulisan ini, bisa memberikan semangat agar tidak mudah pantang menyerah dalam meraih mimpi seperti mrs. Thank you mrs sekali lagi sudah memberikan pengalaman hidup yang sangat berkesan untuk di terapkan di kehidupan banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah trmksh jika putri bisa mendapatkan manfaatnya, trmksh juga sudah berkenan hadir dlm setiap tulisan miss. walau kita belum pernah bertemu di kelas krn pandemi miss yakin putri akan menjadi siswa miss yg luar biasa,, tetap semangat meraih mimpi ya dear 💕

      Hapus
    2. Alhamdulillah, siyap mrs, makasih ya

      Hapus
  33. Safitri Nurul Fadia 3A3
    mrs beneran menginspirasi banget tulisannya, aku juga punya mimpi tapi aku lebih ke pesimis karena gamau berekspetasi terlalu tinggi gamau sakit juga kalo ga kesampean wkwk. pokonya semangat mrs motivasi banget tulisannya❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u safitri, setinggi apapun mimpi kl Allah sudah ridho tidak akan ada apapun menjadi yg terlalu tinggi. Terus semangat ya dear, semua pasti akan mudah dan saat Allah campur tangan, thank you ya dear 💕

      Hapus
  34. Siti Nur Ai Fatma_3A3

    wow... Unbelievable story... Its really motivate me mrs 👍👍👍 masih " ternganga" sama isi tulisan ini. Dimulai dari judulnya yang unik dan berbeda dari yang lain. Ga nyangka kalau isi tulisannya itu menceritakan perjalanan luar biasa seseorang untuk gapai mimpinya, benar-benar diluar prediksi isi tulisannya akan tentang hal ini dilihat dari judulnya. For sure mrs, tulisan ini bagus bangetttt khususnya buat orang yang se-" spesies" ai yang mudah banget nyerah dan terlalu mendengarkan omongan orang lain. Dari tulisan ini ai belajar kalau untuk menggapai mimpi itu emang ga mudah, semuanya ada jatuh bangunnya. Tapi yang selalu kita rasain tuh proses jatuhnya, dan akhirnya banyak dari kita gamau lanjutin pengejaran mimpi itu sampe akhirnya mimpi yang tinggi itu hilang ditelan ketakutan. Padahal coba kalo kita terus ngejar mimpi itu kayak ditulisan mrs yang ini tanpa merasa takut akan jatuh lagi. Sangat mungkin kita bisa menggapai mimpi itu. Seperti yang mrs katakan ditulisan ini bahwa Allah akan memberikan atau memudahkan tercapainya mimpi kita, saat kita " siap ".

    Di tulisan ini juga Ai belajar, bahwa mengejar mimpi juga butuh kesabaran. For sure, kemarin-kemarin udah nyerah sama yang namanya mimpi gara-gara liat orang-orang diluar sana ( liat dari ig, hihi) masih muda tapi udah bisa gapai mimpi mereka. Tapi ternyata ditulisan ini di sadarkan kalo pandangan ai salah, ga ada hasil yang baik kalo didapetinnya instan. Hasil yang memuaskan itu didapetin dari proses dan dari rasa sabar yang tinggi juga.

    Ter " sentil " banget saat liat tulisan ini, gimana mrs ngejar mimpinya selama 32 tahun dan baru tergapai sekarang. Langsung mikir " aku baru hidup 17 tahun, masa mau nyerah sama mimpi yang bahkan belum aku kejar cuman karena dalam 12 tahun sekolah ngerasa ga dapet apa-apa ditambah nyerah gara-gara banyak orang lain yang sukses dimasa muda yang bahkan kamu gatau perjuangan mereka seperti apa".

    Thanks to your story mrs and wish you always give a motivate story 💪💪. Fighting💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ai, trmksh sudh berbagi kisah dan mimpi Ai. Menyusunnya dalam sebuah tulisan tulus, for sure juga Ai berhak raih mimpi itu, bahkan jika Ai tertarik, miss kira Ai sudah punya bahan jadi penulis. Berbagi kisah yg inspiratif. jangan berhenti dan menyerah pada mimpi, semua pasti akan jadi nyata pada waktunya jika mimpi itu benar2 baik untuk kita. terus semangat ya sayangku, thank u for always giving me qualified opinion and suggestion than only an appreciation. Always be on my writing journey ya dear, thank u 💕💕

      Hapus
  35. Siti Nur Ai Fatma_ 3A2 ( maaf mrs yang atas salah kelas)

    BalasHapus
  36. Sahara Nurul Insani 3A2
    Cerita nya sangat menarik dan mengispirasi mrs, setelah membaca nya banyak motivasi yang dapat saya ambil, dan membuat saya menjadi semangat dan percaya diri untuk mencapai mimpi mimpi saya menjadi kenyataan. Membaca blog ini jadi inget kata kata "usaha tidak akan menghianati hasil"

    Terimakasih mrs blog nya sangat mengispirasi dan sukses selalu mrs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u dear, sudh hadir di tulisan miss, terus semangat raih mimpi ya, thank u my dear 💕

      Hapus
  37. Sasi Kirana Febrianty 3S4
    Tulisan yang sangat keren. Terimakasih miss tulisan miss bisa ngeinspirasi sasi❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u Sasi, tp alangkah lebih baik, sasi menyampaikan opini terkait tulisan yg di baca juga ya, trmksh sudh hadir, terus semangat ya dear 💕

      Hapus
  38. Kenali potensi, kaji mendalam, asah dan berlatih. Biji ketumbarpun dapat bertransformasi menjadi salahsatu bumbu yg dicari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u for always visit and willing to read my story. its honor for me.😊 Saya juga suka dengan komentar dan gaya bahasa anda yg bermakna. semoga bosa hadir dlm my next work. semoga komentar anda untuk saya menjadi nyata, semangat ya dan semoga sehat selalu 😊

      Hapus
  39. Uww ga nyangka aunty diem-diem udah bisa nulis dan menerbitkan buku 🥰,,,, jadi motivasi banget nih buat ikutan nulis juga hehe , tetap semangattt ya pokonya proud of you :* ✨✨✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqi ada teh eneng Elnika, mahasiswi IPB yg cantik sekarang mah euy, hehehe,, thank u ya my lovely niece, amiin hayu atuh nulis, semoga bermanfaat buat pembaca pada akhirnya 😁💕😘

      Hapus
  40. Mantan Bu lesi.. semangat terus. Tak sabar ingin baca buku nya. Jadi termotivasi juga karena punya mimpi yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah terimksih Asri, senengnya punya mimpi yg sama, hayu jangan menyerah ya, terus semangat Asri.. Btw apakah Asri dulu murid miss maksudnya? angkatan brp n yg di mn? Maaf ya kl miss tidak ingat 😁, thanks for coming 💕

      Hapus
  41. Halo, ms. Lesi. Saya tertarik dengan tulisan ibu meski baru memulai dunia menulis. Tulisannya begitu apik dan terstruktur. Sangat inspiratif bagi saya yang juga masih baru di dunia menulis yang juga tertarik dengan dunia pendidikan. Terus berkarya ms. Lesi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah senangnya di kunjungi oleh sesama penulis,,iya sy masih pemula, trmksh apresiasinya di tunggu sumbang sarannya,, nanti sy berkunjung juga ke blog nya miss lulu ya,, thank u and hope we can keep in touch,, semangat untuk selalu menginspirasi ya untuk kita 😊😁

      Hapus
  42. Setelah aku baca artikel Mrs, aku jadi lebih semangat sama percaya diri lagi untuk mengejar mimpi. Berkata pada diri sendiri untuk terus optimis dan jangan pernah patah semangat. Pokoknya ini sangat menginspirasi bangetttt Mrs❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus kaya gt donk, semoga selalu yakin bahwa semua tidak akan sia2 ya dear dan saat Allah ridho semua nya mudah untuk menjadi nyata, terus semangat dear,💕 btw, kamu kelas apa?

      Hapus
  43. Natalia Cahyani Taulana_12A5
    Bukan judulnya aja yang unik mrs, dan setelah baca isinya pun sangat memotivasi aku buat mencoba.Dan semua itu harus dibarengi juga sama mindset kita untuk terus berprasangka baik tentang apa yang kita inginkan dan pastinya dengan usahanya juga. Aku tunggu judul unik selanjutnya ya mrs...😊
    Makasih ya mrs, Suksess dan sehat selalu mrs💪

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Seriously mrs, this really motivates me. kadang suka pesimis sama kata-kata "aelah mimpi nya jangan ketinggian" but when I read your blog, aku jadi semakin optimis untk ngejar mimpi mimpi aku dan sadar kalo mimpi sekecil atau sebesar apapun bakalan bisa terwujud asalkan yakin, berdoa, dan terus berusaha. Thank you "Biji ketumbar hebat"for writing such an inspiring experienc with your heart, I hope this article will be conveyed to other hearts as well.💖

    BalasHapus
  46. Tulisan ini baru saya baca hari ini. Biji Ketumbar Mentah punya perjalanan panjang juga dalam menerbitkan buku. Penasaran saya yang menjadi pertanyaan adalah kenapa buku pertama tidak diberikan oleh penerbit? hmmmm.....

    Semangat Ibu Biji Ketumbar

    Ayo Terus Menulis

    BalasHapus
  47. M. Dandy T.S.A

    Semua orang punya mimpi,bahkan aku pun punya mimpi. Tetapi kadang kala mimpi itu blom terwujudkan,entah memang blom rezeki nya untuk terwujud atau hal lain. Namun ketika blom terwujud,kita jangan menyerah atau putus asa,kita harus terus berjuang,dan meraih mimpi tersebut. Karena bisa jadi Allah mungkin menyiapkan surprise untuk kita ketika mimpi itu terwujudkan,ketika terwujud maka kebahagiaan pun akan kita rasakan,bahkan lebih bahagia😇. Maka dari itu,kita gaboleh yang namanya menyerah atau putus asa,kita harus berusaha,berjuang,dan berdoa. Semangat buat mrs dan semua orang-orang yang punya mimpi,kita pasti bisa meraih mimpi tersebut 😊✊🏻

    BalasHapus

Baby Bernama “978-602-289-622-7” -pun Lahir Setelah “Hamil” Selama 32 Tahun _ by miss lesileop_ #Day2AISEIWritingChallenge

 Rasanya semakin bersemangat untuk merampungkan lebih awal tulisan saya yang ke-2 untuk " Tantangan Menulis dari AISEI " ini. Begi...